Senin, 20 Januari 2014

Tak mau bergantung Android, China bikin OS sendiri


Merdeka.com - China tampaknya tak mau Android buatan Google berkuasa di negaranya khususnya di area pasar gadget. Untuk itu, Jumat (17/1) lalu China baru meluncurkan OS buatannya sendiri bernama COS (China Operating System).

Seperti dilansir Engadget (17/1), China Operating System merupakan OS buatan perusahaan teknologi lokal bernama Shanghai Lianton yang bekerja sama dengan ISCAS (Institute of Software di Chinese Academy of Sciences), dan pemerintah China.



COS ini merupakan sistem operasi yang dari segi tampilan dan fungsionalitas diklaim mirip dengan Android. Hal ini dikarenakan COS dan Android memang dikembangkan dari sistem operasi berbasis Linux.

Dalam acara peluncurannya juga dipamerkan video kinerja COS yang mana memang sangat mirip dengan Android dengan fitur seperti multitasking, streaming konten, dan juga remote dekstop. Nantinya OS ini juga bisa digunakan di perangkat seperti smartphone, tablet, ataupun komputer PC.

Dengan diluncurkannya COS ini diharapkan jika pengguna gadget di China bisa terlepas dari ketergantungan terhadap Android maupun sistem operasi lain yang berasal dari luar seperti Windows Phone dan iOS.



Kabar terakhir bahkan menyebutkan jika salah satu raksasa perusahaan smartphone dari Taiwan, HTC, telah bersedia untuk menggunakan COS sebagai sistem operasi di smartphone terbarunya.

Akankah nantinya COS (China Operating System) ini bisa mengalahkan Android dan menjadi tuan di rumahnya sendiri? Menarik untuk ditunggu.

0 komentar:

Posting Komentar